BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 18 Maret 2011

Cara Buat Alamat Website
Gratis..tis..tiss 
Sahabat online-ku di mana saja anda berada...
Senang sekali rasanya, karena bisa bertemu kembali dengan anda walau cuma melalui halaman situs sederhana ini. Kali ini saya ingin membagikan 1 (satu) buah e-book tutorial gratis lagi kepada sahabat-sahabat online-ku dan para pengunjung sekalian.
Saya yakin masih banyak sekali orang yang awam tentang pembuatan website (situs), dan anda mungkin salah satu di antaranya. Jika benar demikian, maka anda sudah tepat berada di website ini. Baca terus informasi dari saya, dan nanti akan saya berikan e-book tutorial bikin web gratis ini dengan gratis kepada anda. Anda tidak perlu bayar sama sekali untuk mendapatkannya!
Namun, bila saat ini anda sudah menguasai proses pembuatan situs, mungkin anda tidak perlu melanjutkan membaca apa yang saya tulis di sini. Anda boleh menutup jendela situs ini, atau berpindah penjelajahan ke situs lainnya. Bagaimana pun, saya mengucapkan banyak terima kasih karena telah singgah di situs saya ini :-)
Nah... bagi anda yang tetap mau melanjutkan membaca informasi saya ini, sungguh saya berterima kasih karena saya merasa usaha membuat e-book tutorial dan situs ini tidak menjadi sia-sia belaka. Insya Allah, saya akan berusaha semaksimal mungkin membantu anda agar dapat memiliki situs web gratis milik anda sendiri secepatnya.
Okey... agar anda  tidak buang-buang waktu (dan juga buang-buang duit karena kelamaan online...hehehe), saya akan segera jelaskan secara sekilas materi yang saya bahas di e-book tutorial, dan bagaimana anda mendownload e-book tersebut saat ini juga. Dalam tutorial ini, saya mengambil contoh kasus pembuatan situs ini sendiri, yakni www.bikinwebgratis.co.cc. Desain situs ini menggunakan tampilan "minisite". Untuk situs anda nantinya, anda bisa memakai tampilan (dalam dunia web desain disebut themes) sesuai keinginan anda.
Berikut daftar tools yang saya gunakan untuk membuat situs gratis ini :
  • Program Web Creator, saya menggunakan Frontpage 2003 dari Microsoft. Jika anda tidak memiliki program ini, anda juga bisa menggunakan Dreamweaver atau program gratis "My Free Web Site Builder" atau NVU atau KompoZer.
  • Program pengolah gambar, saya menggunakan Corel PhotoPaint dan Fireworks MX. Bagi anda yang mahir Photoshop, saya lebih sarankan menggunakan Photoshop untuk mengedit gambar. Sedangkan untuk gambar cover e-book, saya menggunakan True Box Shot.
  • Template, saya gunakan minisite template  yang saya download di internet. Dengan menggunakan template, pekerjaan pembuatan web kita semakin mudah, kerja kita cukup mengetik konten dan memasukkan gambar saja (seperti mengetik di MS.Word saja), tidak pusing lagi dengan masalah desain dan bahasa pemrograman yang cukup rumit untuk orang awam (termasuk saya :-)).
  • Domain, saya menggunakan fasilitas domain gratis dari http://www.co.cc.
  • Hosting (tempat penyimpanan file web kita), saya menggunakan fasilitas www.freehostia.com.
  • Script, untuk membuat web lebih interaktif.
Bila anda masih awam dan baru kali ini mendengar tools-tools di atas, mungkin anda berpikir bahwa ini sangat rumit dan bahkan anda siap-siap menyerah sebelum melihat langkah-langkah yang sangat mudah dalam pembuatan web di e-book saya. Jangan begitu dong, saya sarankan anda tetap mendownload dan membaca Tutorial Panduan Membuat Web Gratis di e-book saya ini. Biar anda tahu ternyata bikin situs web itu tidak sesulit yang anda bayangkan. Mudah-mudahan ... :-)

Apa Manfaat Memiliki Situs Web ?!

Banyak yang nanya kepada saya, apa manfaat memiliki situs atau website? Mengapa harus repot-repot membuat website? Nah, ini adalah sebagian manfaat yang anda peroleh dengan membangun dan memiliki website, di antaranya :
1. Anda bisa menuangkan ide, pikiran, pengetahuan, pengalaman dan apa saja yang bisa dibuka oleh orang lain dengan cukup anda berikan alamat web anda.
2. Anda bisa menangkap data kontak (opt-in) agar anda bisa mengontak atau menghubungi pengunjung web anda di kemudian hari. Ini sangat bermanfaat jika anda ingin mempromosikan atau menawarkan sesuatu yang sekiranya bermanfaat bagi para subscriber anda.
3. Anda bisa memasang kode iklan adsense atau banner produk affiliasi untuk mendapatkan penghasilan sampingan.
4. Anda bisa membangun kredibilitas di dunia maya agar mendapatkan kepercayaan dari orang-orang yang tidak pernah kenal atau bertemu dengan anda sebelumnya.
5. Anda bisa menjadikan situs anda sebagai "asisten atau karyawan" yang bekerja untuk anda secara otomatis selama 24 jam sehari tanpa kenal lelah dan tanpa perlu anda bayar :-)
6. Dan masih banyak manfaat lainnya bila anda memiliki website.

Langkah-Langkah Membuat Situs Web Gratis !

Sebagai seorang pemula atau orang yang mau belajar membuat dan memiliki website pribadi maupun bisnis, anda bisa mulai belajar dari situs yang sederhana ini. Langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk memiliki situs web sebagai berikut :
1. Buat file web menggunakan Frontpage atau web editor lainnya. Simpan file halaman depan atau halaman utama dengan nama "index.htm" atau "index.html". Hubungkan file-file web, file gambar, dll.  dengan menggunakan fasilitas hyperlink di web editor yang anda gunakan.
2. Pilih domain gratis di www.co.cc lalu setup maksimal dalam 48 jam dengan mengubah name server sesuai web hosting yang anda gunakan. Untuk freehostia, gunakan name server : dns1.freehostia.com dan dns2.freehostia.com. Silahkan cek domain co.cc yang masih tersedia gratis melalui form berikut ini :
Biasanya domain premium akan dikenakan harga $3. Domain premium biasanya domain yang berbahasa Inggris dan terdiri dari 1 suku kata saja. Kalo mau yang gratis, sebaiknya pilih domain berbahasa Indonesia dan terdiri dari 2 atau 3 suku kata seperti website saya ini bikin-web-gratis (3 suku kata).
Anda juga bisa menggunakan domain gratis lainnya dengan ekstensi co.tv. Silahkan cek domain co.tv yang masih tersedia gratis dan segera klaim sebelum didahului orang lain melalui fasilitas pencarian berikut ini :
Contoh situs yang saya buat dengan domain co.tv adalah www.duityahoo.co.tv dan www.vccpaypal.co.tv
3. Buat account di webhosting gratisan di www.freehostia.com lalu add-on domain yang sudah dipilih tersebut.
4. Upload file web dan file pendukung ke server freehostia.
5. Jika semuanya berjalan dengan baik maka seharusnya anda sudah bisa melihat website anda setelah melalui proses di atas.
Jika anda masih bingung tentang proses pembuatan website gratis ini, anda bisa mendapatkan penjelasan lebih lengkap dan detail di e-book "Tutorial Bikin Web Gratis" yang bisa anda download GRATIS melalui link download di bawah ini :

Koneksi internet melalui sistem peer2peer WiFi

Sebenernya tips ini sudah lama sih, cuman saya baru belajar kemaren dengan temen satu kampus. Saya menggunakan laptop BenQ S41-412 dan menggunakan koneksi via 3G XL dan menggunakan Modem USB Huawei E220. Sharing koneksi yang saya gunakan sebagai contoh di sini adalah menggunakan media Wireless Network built in dari notebook saya.
Ok langkah pertama, lakukan perubahan terhadap properties modem Anda (dalam contoh saya menggunakan Huawer E220), lihat gambar dan contoh di bawah ini :
Properties Modem
Properties Modem
Setelah itu lakukan perubahan dengan cara mengklik pada device yang ingin kita share. Lalu klik OK / Apply untuk melakukan perubahan. Setelah dasar ini di lakukan, sekarang saatnya kita mengkoneksikan modem kita ke jaringan provider kita. Dalam contoh ini saya menggunakan XL.
Setelah properties modem selesai dikonfigurasi, sekarang buat AP (AdHoc) dari komputer / laptop Anda yang nantinya akan dijadikan Default Gateway dan Access Point (AdHoc) untuk jembatan koneksi komputer client. Buka Network & Connection Settings, klik kanan pada device tujuan Anda (dalam contoh ini WiFi), lalu klik Properties. Lihat gambar di bawah ini :
TCP Properties Main
TCP Properties Main
Klik pada tombol properties, lalu Anda akan menemukan kotak dialog seperti di bawah ini :

IP Main
IP Main
IP yang saya gunakan dalam contoh di atas adalah 192.168.0.1 (adalah IP Anda yang akan dijadikan gateway / server access point). Setelah itu lalu klik OK untuk memverifikasi perubahan yang telah dilakukan.
Setelah settings pada komputer kita telah selesai, sekarang kita membuat access point atau AdHoc nya. Klik kanan pada device WiFi Anda, lalu pilih properties. Masuk ke tab Wireless networks. atau lihat gambar di bawah ini :
P2P Create
P2P Create
Klik tombol Add yang saya beri kotak merah, dan akan muncul kotak dialog baru seperti di bawah ini :

WiFi Create
WiFi Create
Setelah selesai, jangan lupa klik OK. Maka kita sudah menyelesaikan tahap pembuatan AdHoc pada laptop / komputer kita. Lihat contoh di bawah ini untuk AdHoc yang sudah berhasil terbuat. Sekarang kita konfigurasi komputer client yang akan melakukan koneksi ke kita. Sebelumnya, kita lihat dulu details koneksi pada komputer kita yang akan jadi host. Caranya, masuk command prompt ( run | cmd ). Lalu ketik ipconfig /all. Contohnya akan muncul seperti gambar di bawah ini :
DNS Wins
DNS Wins
Perhatikan bagian yang saya berikan kotak merah, catat nomor itu untuk di konfigurasikan di komputer client. Sekarang setelah di catat, kita masuk ke komputer client. Buka properties Wireless Devicenya dan masuk ke TCP/IP Properties.
IP Clients
IP Clients
IP nya terdiri dari A.B.C.D. Bagian C dari IP Address, samakan dengan bagian C komputer host. Dalam contoh kali ini, IP C adalah 0. Sedangkan IP D, isikan terserah tetapi aturannya lebih besar dari 1 dan lebih kecil dari 255. Lalu klik tombol Advance dan masuk ke tab WINS, atau lihat contoh di bawah ini :
WINS
WINS
Setelah selesai , sekarang lakukan perubah dengan cara menekan tombol OK sampai kotak dialog TCP/IP Properties hilang. Nyalakan Wireless Adapter Anda untuk melakukan koneksi ke komputer host. Berikut gambar komputer yang telah berhasil melakukan koneksi sharing ke host.
Connected
Connected
Selamat mencoba dan berlatih, bila ada yang masih bingung dari tutorial ini. Silakan bertanya dai sini. Saya juga waktu nulis tutorial ini iseng-iseng. :p Cuma sebagai catatan aja, hehehe…
:D 

0 komentar: